-->

Kamis, 06 Oktober 2016

Tentang Google Allo

Allo

Google akhirnya mengeluarkan aplikasi chatting Allo di Indonesia untuk bersaing dengan WhatsApp, sejak diluncurkan di beberapa negara pada Rabu (21/9/2016) lalu.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung menguduhnya di toko aplikasi Play Store atau App Store untuk menginstal Allo di perangkat Android atau iOS.

Fitur baru yang berbeda di aplikasi chatting ini, Anda bisa merasakan pengalaman chatting yang informatif dengan bantuan Google Assistant.

Untuk dapat masuk dan menggunakan aplikasi Allo ini, Anda akan diminta mendaftar dengan memasukkan nomor telepon.

Setelah itu, Anda akan mendapat kode verifikasi via SMS, dan Anda bisa beranjak ke tahap berikutnya, yakni membidik selfie atau mencomot foto dari galeri sebagai foto profil.

Dalam mendaftarkan akun, Allo juga akan meminta izin untuk mengakses kontak, lokasi, dan data-data lainnya dari akun layanan Google yang Anda miliki.

Aplikasi Allo ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan WhatsApp, seperti ikon foto profil bulat, akses kontak, hingga notifikasi tanda centang satu atau dua, untuk membedakan pesan telah terkirim atau dibaca.

Namun bedanya, terletak pada tiga pilihan menggunakan Allo untuk penggunya yakni, chatting personal, chatting grup, dan chatting dengan Google Assistant.

Pada chatting personal maupun grup, Google Assistant akan membantu Anda menjawab pertanyaan dari lawan chatting. Hal ini didasarkan pada kebiasaan.

Misalnya, Anda menyapa "hallo" (halo), dan teman Anda membalas "hallo" juga. Maka Google Assistant bakal menyuguhkan opsi balasan di bar tulisan "how are you?" (apa kabar?).

Jika Anda ingin menggunakan kata-kata itu untuk balasan, maka Anda tinggal menekan bar tersebut. Jika tidak, Anda bisa mengetik sendiri balasan yang diinginkan.

Fitur yang paling menarik dalam aplikasi ini memang terletak pada chatting langsung dengan Google Assistant. Asisten digital tersebut sangat interaktif dan informatif.


Google Assistant mampu menjabarkan semua informasi yang berseliweran di internet. Karena Anda bisa menanyakan restoran/cafe terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, informasi cuaca, hingga resep makanan.

Selain itu, Anda juga bisa meminta Google Assistant di Allo untuk memperlihatkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, atau hal-hal lainnya yang terhimpun di akun Google Anda.

Bahkan, Anda bisa meminta Google Assistant di Allo untuk menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari dan dengan sekejap Anda bisa mengakses konten tersebut di Allo.

Google Assistant di Allo juga punya inisiatif yang besar. Anda akan ditawarkan untuk subscribe ke berita harian, puisi, maupun informasi penting lainnya. Tak lupa, Allo pun menanyakan jam berapa waktu yang Anda inginkan untuk membaca konten yang di-subscribe.

Dengan kehadiran Google Assistant di Allo, Anda tak perlu bolak-balik menjajal banyak aplikasi. Dua inti penjajalan internet toh sudah tersedia di satu platform, yakni berkomunikasi dan mencari informasi.(*)

Previous
Next Post »