-->

Rabu, 08 Juni 2016

Kenali Diri Anda Sebelum Memulai Bisnis

Kenali Diri Anda Sebelum Memulai Bisnis

Modal awal apakah yang Anda siapkan ketika memilih untuk berbisnis? Dana yang cukup, jaringan luas, manajemen yang siap dan tertata apik? Apakah Anda merasa yakin untuk bergerak?

Saat bisnis berjalan sesuai rencana tentu tak jadi masalah. Namun, bagaimana jika kemudian Anda mendapati penjualan tak sesuai target atau pelanggan tak setia?

Memiliki nyali besar untuk segera memulai bisnis memang penting. Akar dalam dunia bisnis adalah kemampuan dan kesadaran untuk mengaudit diri sendiri. Manajemen pikiran (mind management) harus dimiliki para pebisnis, apalagi bisnis pemula.

Persoalan mindset masih menjadi kendala wirausaha muda, seperti mudah menyerah dan ingin instan. Kita harus observe diri sendiri, atau audit diri sendiri untuk mencetak wirausahawan yang kuat.

Dengan mind management yang baik, bisnis menjadi tak hanya langgeng dan kuat, namun berkarakter dan bermanfaat bagi diri sendiri juga lingkungannya.

Sederhananya, mind management adalah dengan menguatkan pikiran untuk tidak mudah menyerah, memiliki keinginan kuat, menyadari bahwa menjadi sukses tidaklah mudah dan instan. Lebih penting lagi, menyadari kesalahan sekecil apa pun yang diperbuat setiap harinya, dan kemudian memperbaikinya.

Pilihan membuka usaha tidaklah mudah. Perlu will power yang kuat dan mengerti betul bahwa tidak ada yang instan. (as/berbagai sumber)

Previous
Next Post »